joomlarulit.com

images/logo.jpg

Sejarah Lobang Jepang

Wisata Lobang Jepang atau yang dikenal juga dengan nama Goa Jepang terletak di Bukit Sianok, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. lebih tepatnya berada di jalan Panorama, Guguk panjang, Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Goa Jepang ini adalah saksi bisu penjajahan atau pendudukan jepang yang masih tersisa sampai sekarang di indonesia. Goa ini digunakan tentara jepang sebagai tempat pertahanan tentara jepang di Bukit Tinggi sekitar tahun 1942 - 1945. secara geografis keberadaan Lobang Jepang berada di kawasan Objek Wisata Taman Panorama Bukittinggi, Sumatera Barat. hanya beberapa meter dari Pical Sikai. Gua buatan ini berukuran sekitar 1,5 Km. namun demi keamanan saat ini hanya sepanjang 750 meter saja yang di izinkan untuk di masuki wisatawan untuk berkunjung ketempat ini. diameter Goa ini berukuran 3 hingga 4 meter ini di terangi lampu neon di tiap sisinya.

Sejarah Lobang Jepang
Keberadaan Lobang Jepang ini adalah salah satu bukti dan saksi perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan dan mempertahankan indonesia. keberadaan Lobang Jepang di Bukittinggi juga bukanlah suatu kebetulan, letaknya yang strategis di tengah pulau sumatera, membuat kota ini sempat menjadi pusat komando pertahanan tentara jepang di sumatera. pasukan jepang saat itu di bawah pimpinan Jendral Watanabe. selain itu Goa Jepang ini berfungsi juga sebagai ruang dapur, ruang makan, tempat penyimpanan amunisi, barak, rumah sakit, ruang sidang, dengan total 27 ruangan kompleks lengkap, bahkan denah pun tertera di dinding pintu masuk. tahanan penduduk indonesia dipaksa dengan kejam mengerjakan penggalian Goa atau Lubang Jepang ini. bahkan, tidak sedikit tahanan penduduk indonesia yang gugur akibat siksaan kerja paksa dalam pembuatan atau penggalian Goa Jepang ini. sejarah mengungkap tempat ini dulunya menyimpan mayat-mayat para tahanan yang mati atau gugur karena siksaan didalam penjara yang terdapat pada Lubang Jepang ini.

bagian dinding pada Goa ini masih tetap di pertahankan sebagaimana awalnya yaitu bertekstur sekat yang dimana sebagai peredam gema suara di dalam Goa. sebelum anda sampai kedalam Goa, terlebih dahulu anda akan di bawa menuruni 132 anak tangga. perlu berhati-hati saat melewati tangga karena tangga cukup curam. perkiraan kedalaman Goa ini dari permukaan tanah adalah 40 meter dengan panjang dan lebar lorong sekitar 1470 meter dan 2 meter.

didalam Goa anda akan menemukan ruangan-ruangan seperti ruang penyimpanan amunisi, ruang sidang yang berposisi lebih dalam Goa, ruang tahanan, ruang dapur dengan lubang pengintaian pada bagian atas serta sebuah lubang kecil tepat di bawahnya. bagian ujung Goa mengarah ke Sungai Sianok. selanjutnya anda akan bertemu dengan ruang penyergapan di lorong utama. setibanya di ujung anda akan di hadapkan dengan lorong barak militer. terakhir, anda tidak boleh melintas lorong ruang amunisi dan lorong dengan posisi menanjak sebagai jalan keluar anda. didalam Goa sedikit membuat anda merasa bergidik karena hawa disini.

dimasanya, terowongan bunker ini atau Lobang Jepang ini sangat gelap dan dingin. namun sekarang telah di lengkapi lampu dan ventilasi. nantinya terowongan ini akan memiliki ruangan untuk memajang foto-foto, sebuah museum perjuangan dan teater mini pada tempat ini.

Akses Lokasi, Tiket dan Akomodasi
jika anda di luar pulau sumatera, anda dapat menaiki pesawat dan turun di Kota Padang. jika anda menaiki Mobil Pribadi atau kendaraan umum anda dapat langsung Ke Kota Bukitinggi. kalau anda dari padang perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam ke Bukittinggi menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. setibanya di Bukittinggi, bagi anda yang menaiki atau menggunakan kendaraan umum dilanjutkan dengan angkutan kota yang menuju Lobang Jepang. bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi langsung saja menuju Lokasi Lobang Jepang. Tiket masuk untuk dapat menikmati wisata ini memiliki 2 kategori yaitu anak-anak dan dewasa. untuk yang anak-anak tiket masuknya sebesar 5000 ribu rupiah dan  bagi orang dewasa tiket masuknya sebesar 8000 ribu rupiah. untuk akomodasi tempat penginapan jika anda ingin bermalam di kota Bukittinggi, terdapat berbagai penginapan atau hotel di kawasan kota Bukittinggi tersebut. wisatawan akan di manjakan oleh souvenir dan kuliner khas padang. salah satunya terdapat nasi kapau menjadi pilihan menarik kuliner yang bisa anda dapatkan di pasar lereng samping pasar atas Kota Bukittinggi tersebut dan bisa juga menjadi bekal anda.

SUMBER ARTIKEL : Pesona Keindahan Alam Indonesia