joomlarulit.com

images/logo.jpg

Maha vihara Adhi Maitreya

Sebuah tempat peribadatan yang elok, tenang, anggun serta asri itulah yang dapat digambarkan jika Anda berkunjung ke Maha Vihara Adhi Maitreya. Tempat beribadah agama Buddha ini memang sangat menakjubkan, bahkan merupakan yang terbesar di Indonesia. Kemegahannya membuat seolah-olah kita berada di negeri Tirai Bambu. Maha Vihara Adhi Maitreya memiliki lahan seluas 4.5 hektar dan dibangun pada tahun 1991. Lahan yang ditempati berada di komplek perumahan Cemara Asri, Jl. Boulevard Utara No. 99-5, Medan. Fungsi utama Vihara ini sebagai tempat beribadah umat Buddha. Arsitektur bangunan mengambarkan kebudayaan serta karakteristik ajaran Buddha Maitreya.
Maha Vihara Adhi Maitreya

Vihara ini terbagi menjadi 3 gedung utama, gedung pertama terdapat Baktisala umum yang merupakan tempat pemujaan Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avolokitesvara dan Bodhisatva Satyakalama. Gedung ini mempunyai daya tampung sebanyak 1500 orang. Pada sebelah kanan gedung satu ini terdapat Taman Avolokitesvara yang dilengkapi dengan beberapa permainan untuk anak-anak. Bagian lain terdapat Auditorium dengan kapasitas 130 orang, restoran vegetarian serta toko souvenir.

Pada bagian gedung 2 merupakan area Baktisala Maitreya dengan daya tampung sebanyak 2500 orang. Di bagian ini juga terdapat baktisala Patriat Suci, selain itu juga terdapat aula serbaguna sebagai tempat ruang makan khusus resepsi. Sedangkan pada gedung ketiga merupakan balai pertemuan dengan kapasitas 2000 orang. Semua gedung terdapat wisma hanya saja wisma pada gedung 1 memiliki fasilitas yang paling lengkap yakni adanya ruang perkantoran, ruang rapat, studio rekaman dan dapur umum.

Pada bagian dalam dihiasi dengan beberapa interior sederhana yang menjadikan suasana terasa tenang sehingga menambah kekhusukan saat beribadah. Terdapat tiga patung suci utama didalam Vihara ini dengan corak warna keemasan yakni Patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im dan Hakim Bao.Pada bagian luar terdapat Genta dengan ukuran 3,3 meter untuk tingginya dan berat 7 ton yang diukir dengan kalimat Dharma Hati Maitreya. Genta ini disebut dengan Genta Kebahagiaan.
Maha Vihara Adhi Maitreya

Selain itu pada sisi kiri vihara terdapat kolam ikan koi dengan warna-warninya yang cantik berenang kesana kemari serta taman burung yang merupakan kumpulan burung bangau. Konon keberadaan burung ini berasal dari Eropa dan Australia, dimana tempat ini sebagai tempat singgah sementara saat burung-burung tersebut migran dari satu tempat ke tempat lainnya.