joomlarulit.com

images/logo.jpg

Eksotisme Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut merupakan salah satu keunikan wisata di kawasan Cilacap. Kampung Laut merupakan sebutan untuk pemukiman penduduk yang berada di Segara Anakan. Sebuah kawasan pemukiman para nelayan yang mempunyai sejarah panjang.

Letaknya, yang memang di sekitar Segara Anakan Cilacap menyebabkan Kampung Laut terkenal dengan eksotismenya yang menarik. Sebuah kampung yang indah di tepi lautan lepas.

Untuk menuju ke Kampung Laut Anda harus menggunakan perahu motor atau orang mengatakannya dengan compreng dari pelabuhan Sleko Cilacap. Untuk menuju ke desa terdekat, yaitu Ujungalang, diperkirakan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam.

Dalam laman kompasiana.com, seorang yang menggunakan akun Syasya_mam membahas secara mendetail area Kampung Laut Cilacap ini. Dikatakan bahwa biasanya biaya untuk naik perahu compreng atau perahu jungkung dikenakan biaya 10.000,- sekali jalan.

Anda pun bisa sewa perahu yang agak besar, jenis perahu compreng untuk pulang pergi dengan biaya 700.000 rupiah. Sementara jika perahu yang lebih kecil, yaitu perahu Jungkung seharga 150.000 rupiah pulang pergi.

Sebelum Anda menuju ke Kampung Laut Cilacap, Anda bisa mampir  dahulu di Pelabuhan Sleko untuk menikmati TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dimana ada hasil laut yang segar-segar dari para  nelayan yang pulang melaut.

Kampung laut terdapat 4 perkampungan yang ada di laguna Segara Anakan. Empat kampung itu secara administartif adalah desa Ujungalang, Ujung Gagak, Panikel dan Klecas.

Dalam laman cilacapmedia.com, Kampung Laut disebut menjadi unik bagi kunjungan banyak orang karena letaknya yang menarik di suatu laguna. Laguna inilah yang membuat air laut Samudera Hindia itu bertemu dengan air tawar yang ditumpahkan oleh sungai-sungai yang mengalir disekitarnya, misalnya sungai Citandui, sungai Cibeureum, sungai Cikonde, sungai Cemeneng, dan lain-lain.



Maka, ketika Anda mengunjungi Kampung Laut Cilacap ini, Anda dapat melihat keindahan Hutan Mangrove di Segara Anakan yang begitu nyata. Begitu juga di kawasan ini ada berbagai habitat dan satwa liar. Anda pun dapat mempergunakan jakung (perahu kecil) atau compreng untuk menyusuri eksotisme kanal-kanal di sela-sela hutan Mangrove yang oleh masyarakat setempat disebut kali atau lorongan.

Di Kampung Laut Cilacap, Anda masih dapat melihat monyet yang bergelantungan di pohon bogem atau api-api. Anda pun sambil menyusuir perairan, Anda dapat menyaksikan binatang lingsang yang menyelam dan mengapung di tepian kanal. Anda juga dapat melihat eskotisme berbagai jenis burung seperti bangau, kunthul, yang terbang liar di sekitar Kampung Laut Cilacap ini.

http://traveltodayindonesia.com/eksotisme-kampung-laut-cilacap/