joomlarulit.com

images/logo.jpg

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin (2010 mdpl).  Sebagai kawasan wisata, Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau selalu menyuguhkan wisata alam yang istimewa. Ditambah lagi fakta bahwa daerah Dataran Tinggi Dieng berkontur yang pegunungan. Pegununungan dan perbukitan yang berderet indah, telaga-telaga yang menawan, kumpulan candi yang antik, gua-gua alam yang mistis, dan obyek wisata lain yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Obyek-obyek wisata tersebut sangat terkenal sehingga kian hari semakin ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu obyek wisata yang terkenal dan banyak peminatnya dilihat dari kecenderungan jumlah pengunjung adalah Batu Ratapan Angin.

Batu Ratapan Angin Disebut Juga Batu Pandang Dieng

Batu Ratapan Angin disebut juga dengan nama Batu Pandang Dieng atau Batu Pandang Telaga Warna. Obyek wisata ini berupa dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng.

Banyak orang yang penasaran mengapa obyek wisata Batu Pandang ini disebut Batu Ratapan Angin. Untuk mengetahuinya sebenarnya Anda cukup datang langsung ke obyek wisata unik ini dan nikmati hembusan anginnya. Posisi batu yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar menghasilkan bunyi yang unik. Angin yang berputar dan menghembus daun-daun pepohonan menghasilkan bunyi gemerisik halus seperti siulan dan ratapan. Konon bunyi inilah yang membuat obyek wisata Batu Pandang Telaga Warna ini dinamai Batu Ratapan Angin.

Memandang View Telaga Warna dari Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin adalah tempat strategis untuk memandang lanskap Telaga Warna yang menawan dari ketinggian. Akan lebih indah lagi saat matahari sudah naik karena pembiasan sinar matahari terhadap air Telaga Tarna yang bersulfur tinggi menghasilkan warna yang menakjubkan. Lukisan alam Telaga Warna yang unik bersandingan dengan Telaga Pengilon berlatar belakang perbukitan dan pegunungan hijau menjadi spot incaran wisatawan begitu menawan jika dilihat dari atas Batu Ratapan Angin. Udara sejuk di atas bukit  juga mendamaikan batin.

Perbedaan warna Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang sangat mencolok menjadikan telaga kembar ini terlihat unik dari atas. Walaupun berdampingan, permukaan Telaga Pengilon yang jernih bagai cermin tak terpengaruh oleh warna-warna permukaan Telaga Warna. Tidak heran obyek wisata ini menjadi favorit para pecinta fotografi, baik untuk foto seni maupun foto selfie. Sangat cocok sekali buat Anda yang hobi foto. Selain itu, tak jarang obyek wisata ini dijadikan tempat pengambilan foto prewedding.

https://wisatadieng.net/batu-ratapan-angin/