joomlarulit.com

images/logo.jpg

Bukit Kaba, Cagar Alam untuk Perlindungan Bunga Rafflesia

Bukit Kaba merupakan gunung berapi yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Dari Kota Curup, gunung ini berlokasi di sebelah tenggara dengan jarak kurang lebih 15 km.

Kawasan Bukit Kaba adalah salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia. Kondisi alam yang berbukit dan berudara sejuk ditambah pemandangan yang mempesona. Objek Wisata Bukit Kaba adalah salah satu objek wisata alam dengan lebar kurang lebih 100 ha dengan ketinggian 1964 mdpl serta berada 18 km dari ibukota Kabupaten Curup.

Untuk bisa mencapai Puncak Bukit Kaba, Anda dapat menempuh dengan dua cara yaitu dengan berjalan kaki melewati jalan setapak serta menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 disebabkan jalan telah diaspal. Dari Puncak Bukit Kaba ini, sahabat bisa melihat panorama Alam yang menawan yang jarang dijumpai di daerah lain.

Ojek wisata Bukit Kaba ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi bertualang di lokasi yang udaranya masih sangat sejuk, serta berpanorama indah. Selain itu di bukit kaba berada di kawah vulkanik yang masih aktif.

Flora terdapat di Bukit Kaba antara lain adalah Bunga Rafflesia Arnoldi dan Bunga Bangkai. Sedangkan fauna yang bisa ditemui adalah bunglon, tupai, burung tanah, monyet, musang, siamang, beruk, burung raja udang, burung kutilang emas, burung elang. Selain itu beberapa satwa yang dilindungi ada macan kumbang dan harimau.

 

 

Image Source: repirepitasari.blogspot.co.id
Sumber: sportourism.id

Top