joomlarulit.com

images/logo.jpg

Wisata Birunya Air Danau Kaco Jambi

 Jambi, sebuah provinsi di pesisir timur yang tidak kalah indah dengan provinsi lainnya. Jambi memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan daerah lainnya. Misalnya saja Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan taman nasional terbesar di Sumatra. Taman nasional ini terdiri dari flora dan fauna.

Berbicara tentang Taman Nasional Kerinci seblat, terdapat surga tersembunyi di dalamnya. Surga tersembunyi tersebut yaitu Danau Kaco atau dalam bahasa indonesia berarti danau Kaca yang memiliki air bening berwarna biru dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya.
 
Selain airnya yang jernih serta rimbunnya pepohonan yang mengelilinginya, danau ini memiliki keunikan tersediri saat malam hari. Saat malam hari danau ini akan terlihat bercahaya terutama saat bulan purnama. Pemandangan malam hari saat terkena sinar bulan menjadikan danau ini lebih bercahaya sehingga banyak traveller sengaja untuk berkemah ditempat ini.

Meskipun danau ini sangat indah namun sampai saat ini belum diketahui berapa kedalam danau ini. Selain itu terdapat cerita kelam mengenai danau ini. Mitos yang beredar di masyaraka, kejernihan air danu ini dikarenakan intan yang dititipkan oleh banyak pemuda yang ingin melamar seorang putri dari raja Gagak. Putri raja Gagak ini sangat cantik jelita bahkan ayahnya sendiri terpikat, maka dari itu banyak pemuda yang tanpa ragu menitipkan intan untuk melamar sang putri. Namun karean keserakahan ayahnya, sang putri dinodai dan ditenggelamkan ke dasar danau bersama intan titipan para pemuda yang ingin melamar sang putri.

Akses untuk sampai ketempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat dari kota Jambi. Dari kota Jambi menuju sungai penuh dengan kisaran waktu 10 jam, selanjutnya dari sungai penuh dilanjutkan ke Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya selama 45 menit. Setelah itu anda harus berjalan kaki menyusuri hutan selama 4 jam untuk sampai ke Danau Kaco.

Fasilitas ditempat ini tidak disediakan fasilitas umum sama sekali karena berada di dalam hutan. Disarankan untuk membawa bekal pribadi serta obat-obatan yang dibutuhkan dalam perjalanan. Apabila ingin berkemah silahkan membawa tenda pribadi, logidtik dan peralatan yang cukup karena jauh dari pemukiman warga. Bagaimana ini mencoba mengunjungi Danau Kaco pada malam hari?

 

Sumber : http://destinasiwisatamu.blogspot.com/2018/10/birunya-air-danau-kaco-jambi.html