joomlarulit.com

images/logo.jpg

Wisata Sunset dari Bukit Pertapan Bayat Klaten

 Klaten, merupakan kota kecil yang banyak memiliki tempat wisata umbul atau mata air yang terkenal jernih dan menyegarkan. Seperti Umbul manten dan umbul ponggok yang sudah cukup terkenal di kalangan warga klaten maupun luar klaten. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai umbul, kali ini akan membahas mengenai wisata bukit. Kali ini akan membahas mengenai bukit Pertapan, yaitu bukit dipersiapkan sebagai wisata terpadu yang bisa digunakan untuk wisata edukasi, spiritual serta rekreasi.

Sebagai wisata edukasi, bukit pertapan menyajikan keberadaan batu kuarsit dan batu sekis. Bebatuan tersebut berusia jutaan tahun. Bebatuan ini hanya dapat ditemui di Kebon bayat, Karang sambung, Kebumen dan Ketuk cismis. Di tempat ini pengunjung dapat belajar mengenai batu kuno.
 
Sebagai wisatawan lebih betah berada ditempat ini, warga setempat membangun sebuah gardu pandang, menara pandang dan rumah pohon untuk menikmati sunrise maupun sunset. Selain itu dari bukit ini juga bisa menikmati view dengan latar belakang gunung merapi. Selama ini bukit pertapan sering digunakan untuk bersemedi oleh beberapa kalangan. Selain digunakan untuk semedi, tempat ini juga sering digunakan untuk tempat buka bersama.

Bukit pertapan terletak di Desa Kebon, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Untuk akses ketempat ini terbilang cukup mudah. Silahkan menuju ke Desa Kebon, Bayat. Akses untuk mencapai ke puncak bukit juga terbilang mudah, pengunjung dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda dengan menempuh jarak 720 meter.

Fasilitas umum ditempat ini masih dalam proses pengerjaan seperti toilet, infrastruktur menuju puncak serta gazebo-gazebo. Tak hanya itu ditempat ini juga tersedia warung-warung yang menyajikan kuliner khas kebon serta souvenir-souvenir. Berminat liburan kesini?

 

Sumber : http://destinasiwisatamu.blogspot.com/2018/10/menikmati-sunset-dari-bukit-pertapan.html