joomlarulit.com

images/logo.jpg

Armada baru Po San Jalur Pantai Barat Dorong Kunjungan Wisman ke Bengkulu

Masyarakat Bengkulu di Jakarta dan sekitarnya yang ingin pulang bersama dan berwisata ke kampung halaman kini dilayani dengan bus-bus wisata yang nyaman dan mewah sehingga perjalanan darat menjadi lebih menyenangkan, kata Kurnia Lesandri Adnan, Direktur Marketing dan Personalia Po. San Bengkulu.

Perusahaan yang melayani bus pariwisata dan angkutan penumpang umum jurusan Sumatera, Jakarta hingga Jawa Timur ini baru saja meluncurkan armada-armada terbarunya untuk rute Jakarta -Bengkulu dengan bus jenis Scania K360IB-4×2 S-Liner opticruise .

“ Bus dengan body balutan karoseri pabrikan Rahayu Sentosa ini memiliki teknologi terkini baik dari segi kenyamanannya, kemananan, dan desain bus yang mewah, nyaman dan ramah lingkungan,” ungkap Kurnia Lesandri Adnan, hari ini.

Peluncuran dilakukan 15 Agustus 2016 lalu oleh Hasanuddin Adnan, Presdir Po San dan beroperasi dengan rute Bengkulu – Jakarta via Pantai Barat yang dikenal sebagai medan yang sangat berat, jalan terjal dan berkelok sehingga membutuhkan spesifikasi bus dengan kapasitas mesin dan horse power besar.

“Untuk itu, armada baru ini hadir dengan kapasitas mesin 13.000 cc dan horse serta cocok untuk kondisi jalan via Pantai Barat yang memiliki jarak tempuh 865 KM yang bila dilalui normal selama 23 jam. Mengingat lamanya jarak tempuh selama perjalanan maka kenyamanan itulah yang menjadi perhatian utama kami,” tambahnya.

Ada pun fitur-fitur kenyamanan yang dimiliki Scania K360IB-4×2 S-Liner yaitu diantaranya suspensi udara dikontrol secara elektonik (ELC) yang berguna untuk mengatur tinggi rendahnya bus dan menjaga kestabilan body pada saat menikung agar posisi penumpang tetap stabil.

Selain itu, bus yang memiliki kapasitas 45 tempat duduk model reclening seat konfigurasi bangku 2-2, dilelngkapi dengan food rest, bantal dan selimut. Didalam bus juga tersedia toilet, smooking area dan AC berkapasitas besar tipe E 900.

“Penumpang juga tidak khawatir akan kebutuhan listrik karena disetiap bangkunya disediakan power plug charger. Penumpang sekarang 24 jam bersama gadget dan fitur-fiturnya yang terkoneksi dengan internet sehingga selalu terhubung dengan keluarga dan beragam komunitasnya,” kata Kurnia Lesandri Adnan.

Pihaknya berharap dengan adanya armada baru dari bus Po San Travel ini juga bisa berkontribusi bagi kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin melakukan overland tour ke Bengkulu karena pihaknya sangat memperhatikan keselamatan penumpang sehingga chassis bus ini dilengkapi dengan fitur-fitur berstandar internasional.

Bus membawa penumpang bukan hanya barang jadi kenyaman penting dengan fitur-fitur a.l Elektronic Braka System (EBS) dan Air Processing System (APS) yang membuat proses pengereman menjadi lebih sempurna dan menjaga dari kemungkinan rem gagal berfungsi saat melakukan pengereman, tambahnya.

“Kenyamanan akan membuat komunitas masyarakat terutama mereka yang berasal dari Bengkulu dan sekitarnya akan tergerak melakukan kegiatan pulang bersama dan berwisata melihat kampung halaman orangtuanya misalnya. Apalagi semua masyarakat dunia terhubung dengan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, instagram dan lainnya,” ungkap Lesandri, panggilan akrabnya.

Untuk memperkenalkan armada barunya, pihaknya juga mengadakan lomba foto pada 15-17 Agustus lalu untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan cara para konsumen berfoto di depan armada baru dan mengunggahnya di media sosial yang dimiliki.

Apalagi bila wisatawan datang ke Bengkulu dapat menikmati sejumlah obyek wisata andalan yang ada. Lomba foto di Medsos tersebut ikut mempopulerkan pariwisata di provinsi ini dengan hadiah-hadiah menarik.

Obyek wisata Bengkulu a.l seperti Pantai Panjang, Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, Benteng Marlborough, Pantai Tapak Paderi, Museum Negeri Bengkulu, kota Curup tempat mekarnya bunga Raflefia Arnoldi, Danau Dendam tak Sudah hingga wisata bahari di Pulau Tikus, sekitar satu jam ber speed boat dari kota Bengkulu.

Kembali menyinggung armada bus yang baru, Lesandri mengatakan desain karoseri bus sesuai dengan tipe primadona dipasaran yaitu high deck dengan dua kaca yang diberi nama SAN-Liner (S-Liner). Body mobil lebih tinggi sehingga mendukung kenyamanan penumpang dalam perjalanan karena lebih leluasa baik dalam ruang gerak maupun pandangan.

“Armada ini juga sangat ramah lingkungan karena memiliki level emisi EURO 3, hal ini membuktikan bahwa Scania merupakan bus yang ramah lingkungan. Po .Siliwangi Antar Nusa ( SAN) untuk di Jakarta dekat Kelapa Gading, Jl. Perintis Kemerdekaan, “ katanya setengah berpromosi. (Hilda Ansariah Sabri)

Sumber Berita : bisniswisata.co id