joomlarulit.com

images/logo.jpg

Bengkulu Bertilawah Catatkan Sejarah

BENGKULU- Ribuan masyarakat Kota Bengkulu Jumat (16/6) siang kemarin, ikut berpartisipasi penuh dalam menyukseskan program Bengkulu Bertilawah, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu, Kodim 0407/Kota Bengkulu, Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu dan Harian Rakyat Bengkulu, yang dilaksanakan bertempat di Masjid At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas.

Program ini merupakan inisiasi dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan dilakukan di seluruh wilayah tanah air dan menjadi catatan sejarah bagi Kota Bengkulu lantaran baru pertama kali digelar. Bahkan ribuan peserta sekaligus ikut khatam Alquran 99 kali dalam sehari.

Pantauan RB, sejak pukul 14.30 WIB, sejumlah masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke Masjid At-Taqwa. Ini terlihat dalam ruangan masjid yang berada didalam pun penuh hingga sampai ke teras masjid. Kegiatan ini diawali dengan salat ashar berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan tilawah Al-quran hingga waktu berbuka puasa. Setelah itu dilanjutkan dengan salat Maghrib, Isya dan tarawih berjamaah.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Kemenag Kota Bengkulu Dr. H. Mukhlisuddin, SH, MA, Ketua MUI Kota Zul Effendi, MPd, Rektor UMB Dr. H. Ahmad Dahsan, MH, Rektor Unihaz Dr. Ir. Yulfiperius, MSi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Marjon, MPd, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, hingga perwakilan para TNI dan Polri serta siswa-siswi sekolah dan para santri.

Dalam sambutan Walikota H. Helmi Hasan, SE mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh Rektor Perguiruan Tinggi, TNI, Polri, Pejabat FKPD serta OPD, pimpinan pondok pesantren, kepala sekolah dan semua pihak yang mendukung penuh dan menyukseskan rangkaian acara Bengkulu Bertilawah.

“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan menjadi kebanggaan bagi kita semua, karena kegiatan ini diadakan pada hari jumat pada bulan ramadan bulan yang suci yang dijabah oleh Allah SWT. Karena kita melaksanakan khatam Alquran 99 kali dalam sehari,” terang Helmi Hasan.

Selain itu dikatakan Helmi, Program Bengkulu Bertilawah ini pun sangat sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Bengkulu selama ini yakni Bengkulu-ku Religius.      “Alhamdulillah meski dalam suasana bulan puasa, masyarakat untuk mengikuti kegiatan Bengkulu Bertilawah ini sangat antusias sekali. Semoga dibulan yang suci ini kita mendapatkan pahala dari Allah SWT,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Bengkulu Dr. H. Mukhlisuddin, SH, MA mengatakan, kegiatan Bengkulu Bertilawah yang baru pertama digelar ini merupakan momentum positif lantaran ikut mendukung jalannya program Pemerintah Kota, Bengkulu-ku religius. Hal itu tentu perlu disupport penuh dari Kemenag Kota.

“Dengan kegiatan seperti ini Bengkulu juga akan dapat dikenal ke kancah nasional, bahwa Kota Bengkulu merupakan kota religius. Makanya hal ini perlu kita dukung penuh. Dan alhamdulilah kegiatan ini berjalan sukses dan lancar,” terangnya.

Dalam acara tersebut juga didukung penuh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bengkulu. Bahkan  Ketua MUI Kota Bengkulu,  Drs. Zul Effendi, M.Pd mengungkapkan, MUI Kota sangat mendukung penuh kegiatan positif, Bengkulu Bertilawah ini. Menurutnya, kegiatan ini diharapkan bukan sekedar kegiatan seremoni, namun lebih kepada bertujuan untuk menanamkan lagi nilai-nilai Keislaman, terutama bagi kita untuk lebih giat mengaji dan membaca Alquran.

“Oleh karena itu dengan adanya kegiatan program Bengkulu Bertilawah ini bisa kembali membangkitkan gairah dalam membaca Alquran di masjid-masjid ataupun di musala. Setidaknya juga dapat dicanangkan untuk membaca Alquran secara rutin usai magrib di seluruh masjid Kota Bengkulu,” paparnya.

SUMBER BERITA : RAKYAT BENGKULU