joomlarulit.com

images/logo.jpg

Jelang Libur Akhir Tahun Lalu Lintas Kendaraan Meningkat

MENJELANG akhir 2017, kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, meningkat. Kendaraan tersebut ada yang menuju Jawa Tengah atau sebaliknya ke Jakarta.

Kendaraan yang masuk melalui GT Palimanan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan tujuan Jakarta kemarin mulai pukul 00.00 hingga pukul 12.00 WIB mencapai 14.576 kendaraan, sedangkan yang keluar dari GT Palimanan dengan tujuan Jawa Tengah dalam kurun waktu yang sama mencapai 11.399 unit.

Kapolres Cirebon AKB Risto Samodra menjelaskan, pascalibur Natal warga, arus kendaraan ke Jakarta mengalami peningkatan. “Ini bisa dilihat dengan ramainya kendaraan yang memasuki GT Palimanan dengan tujuan Jakarta,” kata dia.

Jumlah kendaraan tersebut, menurut Risto, di atas rata-rata kendaraan di hari-hari normal. “Berarti banyak warga yang mengajak keluarganya berlibur,” kata Risto. Ini dimungkinkan karena hari libur sekolah masih cukup panjang hingga memasuki awal 2018 mendatang.

Terkait dengan puncak arus balik yang diperkirakan pada 1 Januari, pengamanan ketat akan dilakukan. “Baik di jalur mudik maupun di titik-titik keramaian malam tahun baru,” kata Risto.

Selain pengamanan jalur mudik, anggota kepolisian akan melakukan pengamanan hingga rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang biasanya digunakan warga Cirebon untuk merayakan malam pergantian tahun. Dengan demikian, arus lalu lintas di tempat-tempat wisata tidak stagnan.
“Di sejumlah titik rawan kriminalitas, personel juga kami tempatkan, di luar personel yang menjaga lalu lintas,” kata Risto.

Volume kendaraan yang meningkat juga terjadi di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, hingga ke Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin siang. Akibatnya, arus kendaraan dari arah Cianjur menuju ke Bogor ditutup sementara waktu mulai pukul 12.00 WIB.

“Penutupan arus kendaraan ini sifatnya situasional. Ini untuk mengurai kepadatan kendaraan di kawasan Cipanas hingga Puncak Bogor,” jelas Kasatlantas Polres Cianjur AK Rendy Setia Permana melalui Kanit Turjawali Ipda Yudistira, kemarin.

Penutupan sementara arus kendaraan dimulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur. Ia mengimbau para pengedara mobil maupun jenis kendaraan lainnya yang akan menuju Puncak, Bogor, agar menggunakan jalur alternatif melalui Jonggol atau Sukabumi.

 

Sumber: Mediaindonesia.com

Top