joomlarulit.com

images/logo.jpg

Anies Didesak Cabut Larangan Pengoperasian Terminal Tipe B

Jakarta, Sekelompok massa mengatasnamakan Posko Menangkan Pancasila DKI Jakarta berdemo menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut Surat Edaran Dinas Perhubungan Nomor 358/1.811 tentang Larangan Pengoperasionalan Terminal Tipe B di Jakarta.

Aturan yang mewajibkan bus AKAP menurunkan dan menaikkan penumpang di terminal tipe A Pulogebang berdampak buruk. Dilarangnya terminal Tipe B seperti Grogol dan Rawamangun untuk bus AKAP justru membuat terminal bayangan semakin menjamur.

"Hal ini tidak sesuai dengan Pasal 126 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan," tegas koordinator aksi Alkautsar di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, 10 April 2018.

SE Dishub juga berdampak dari sisi ekonomi. Satu terminal tipe B bisa menyerap 150 tenaga kerja mulai pedagang hingga penjual tiket. Ada 5.400 jiwa yang menggantungkan hidup di sekitar terminal tipe B.

Kautsar menduga aturan itu hanya untuk menguntungkan pihak tertentu. Pemilik modal, misalnya, dituding ingin menjadikan kawasan bekas terminal tipe B sebagai kawasan terpadu komersil.

"Atas perkembagan fakta di atas kami menegaskan SE Dishub nomor 358/1.811 dicabut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tegas Kautsar. Kautsar meminta Pemprov menyempurnakan Perda Nomor 5 tentang Transportasi  atau membuat Perda baru yang mengatur keberadan terminal tipe B.

 

Sumber: metrotvnews.com

Top