joomlarulit.com

images/logo.jpg

Scania Jadi Andalan Operator Bus AKAP, Ini Kelebihannya

Jakarta - Operator bus antar kota antar provinsi (AKAP) PT SAN Putra Sejahtera (SAN) kembali mengoperasikan lima unit bus baru berchassis Scania K410 IB 6x2 untuk trayek jarak jauh Pekanbaru-Jakarta-Blitar pergi pulang. Bus kelas ekonomi berkapasitas 54 tempat duduk tersebut melengkapi jajaran armada bus SAN dengan merek ternama seperti Scania, Mercedes Benz atau Hino.

Menurut Kurnia Lesani Adnan, Direktur PT SAN Putra Sejahtera, dalam keterangan tertulisnya Rabu 9 Mei 2018 mengatakan, bus tersebut akan melintasi trayek Pasir Pangaraian di Kabupaten Rokan Hulu menuju Pekan Baru lalu melewati jalur Lintas Timur, Lampung, Jakarta, kemudian Semaran, Solo, Tulungagung dan mengakhiri perjalanan di Blitar, Pergi Pulang. "Kami sebagai operator bus Antar Kota Antar Provinsi pertama yang menggunakan chasis premium jarak jauh antar pulau dengan kelas Premium Economy," kata Kurnia.

SAN bukan satu-satunya operator bus yang menggunakan produk Scania. Operator bus lainnya seperti Harapan Jaya, Rosalia Indah, Nusantara termasuk juga Transjakarta (busway) juga banyak menggunakan Scania. Popularitas bus asal Swedia tersebut tampaknya makin meningkat dengan masif-nya penggunaan sebagai angkutan penumpang baik jarak jauh maupun dalam kota. Bus ini mengusung mesin 13 Litre DC13 107 K01 EURO 3 6- cylinder in-line, 4 valves per cylinder, turbo charged, intercooled, Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) and air cleaner yang menghasilkan tenaga 410 hp pada 1900 rpm dengan torsi 2000 Nm pada 1000 rpm.

Bus ini sudah dilengkapi dengan ABS, Brake Retarder, ECS, Hill Hold serta Cruise Control. Bodi bus dibuat oleh perusahaan karoseri yang ada sesuai dengan permintaan pemilik bus. Namun umumnya setiap armada bus dilengkapi dengan AC, ruangan merokok, toilet, USB charger, audio video serta bantal dan selimut. Bus ini menggunakan chassis space frame ini juga memiliki ruang bagasi ekstra luas, sehingga mampu mengakomodir barang bawaan penumpang dalam jumlah banyak.

PT United Tractors (UT), distributor truk dan bus Scania berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk yang berkualitas yang diinginkan konsumen di Indonesia. Kehadiran truk dan bus--terutama bus--sejak dua tahun lalu tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur yang masif di Tanah Air.

Dalam acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 Maret lalu, Scania K410iB yang dibanderol dengan harga Rp 1,7 miliar itu tampil sebagai sasis bus premium. Di desain mampu memuat 36 sampai 62 penumpang, sasis bus ini didukung teknologi suspensi udara dengan fitur rollover protection guna mengurangi risiko kendaraan terguling. Selain itu, sasis busnya dengan Electronic Air Suspension mampu beradaptasi dengan kondisi permukaan jalan sehingga minim guncangan dan lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh di jalan yang tidak melulu mulus. Begitu nyamannya, K410iB dianggap setara sedan.

UT telah menyiapkan layanan purna jual untuk Scania yang tersebar dari sabang hingga Merauke. Jaringan UT mencakup 20 kantor cabang, 11 kantor perwakilan, 8 kantor pendukung dan 36 bengkel. Distributor resmi merek Scania ini menjanjikan ketersediaan suku cadang dan pengiriman mekanik dalam 1×2 jam, lalu pengerjaan unit dalam 6 jam.

 

 

Sumber: otomotif.tempo.co

Top