joomlarulit.com

images/logo.jpg

Tol Tangerang-Merak Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran

MENJELANG arus mudik Lebaran 2018, Astra Tol Tangerang-Merak sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi antrean yang menumpuk.

Pihak Astra Tol Tangerang-Merak memiliki tiga strategi rekayasa lalu lintas jika terjadi antrean di Merak, Cilegon Timur, dan Gerbang Serang Timur. Jika antrean sudah menumpuk di Merak, maka akan dilakukan penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa sampai pertigaan akses Tol Merak.

“Transaksi gardu exit Gerbang Tol Merak dihentikan sementara (buka-tutup) dan akan dibuka kembali saat jalan Cikuasa bisa menampung kembali,” ungkap Krist Ade Sudiyono, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Selasa (5/6/2018)

Selanjutnya saat terjadi buka-tutup, pengguna jalan tol akan dihimbau untuk beristirahat di Tempat Istirahat KM 43 dan KM 68. Kendaraan pun nantinya akan disortir untuk dialihkan keluar ke Gerbang Cilegon Timur atau Cilegon Barat sampai antrean sudah dirasa lengang.

Kemudian, jika terjadi antrean ke Cilegon Timur, sebagian kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat. Hal serupa akan dilakukan jika antrean terjadi di Gerbang Serang Timur, maka akan dialihkan sebagian ke Gerbang Serang Barat.

Bila diperlukan sejumlah titik rencana contraflow atau sistem lawan arus sudah disiapkan petugas untuk pengalihan arus lalu lintas ke gerbang tol terdekat.

Sebelumnya Astra Tol Tangerang-Merak sudah menjanjikan akan menarik kendaraan berat peralatan kerja perbaikan jalan tol dari h-10 sampai h+10 demi kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pengguna jalan.

Pihak Astra Tol Tangerang-Merak sudah memperkirakan total arus mencapai lebih dari 2 juta kendaraan saat h-7 dan h+7 Lebaran.

 

 

Sumber: wartakota.tribunnews.com