joomlarulit.com

images/logo.jpg

SAN Group adalah kelompok usaha yang didirikan oleh Bp. H. HASANUDDIN ADNAN yang dirintis sejak tahun 1978. Usaha ini dimulai dari usaha angkutan barang (Ekspedisi) dengan 2 (dua) unit light truck sampai memiliki 14 unit truck besar. Pada saat yang sama, Bp. H. HASANUDDIN ADNAN masih bekerja sebagai PNS dikantor PEMDA Propinsi Bengkulu dan menjabat sebagai kepala bagian kendaraan di Biro Umum Propinsi Bengkulu (sampai dengan tahun 1984).

Sejalan dengan program membebaskan Bengkulu dari isolasi dan dengan berkembangnya pembangunan Propinsi Bengkulu di era 1982-1983, Bp. H. HASANUDDIN ADNAN mulai merintis usaha angkutan penumpang umum. Pada saat yang sama, PEMDA Propinsi Bengkulu sedang menggalakkan program transmigrasi terutama dalam menunjang bedol desa pembangunan waduk Gajah Mungkur (Wonogiri) sehingga transportasi darat menjadi pilihan utama pada saat itu.

Sampai saat ini divisi transportasi SAN Group yang lebih dikenal dengan nama PO. SAN (PO. SILIWANGI ANTAR NUSA), telah memiliki 43 unit bus dengan berbagai rute Sumatera dan Jawa. Penanganan divisi ini sekarang telah dipercayakan pada generasi kedua SAN Group, yaitu kepada KURNIA LESANI ADNAN (Putera ke-tiga dari Bp. H. HASANUDDIN ADNAN).

PO. SAN mulai fokus mengembangkan divisi transportasinya sendiri tepatnya sejak tahun 1992 dengan menggunakan 4 unit Mazda T4000, 2 unit Colt Diesel 120PS, 2 unit Isuzu Bisson TLD, dan 1 unit Mercy 508D. Konsep awal pemasaran pada saat itu adalah pelayanan antar jemput “door to door” yang melayani trayek jurusan Bengkulu – Jakarta pp, Bengkulu – Padang pp, dan Bengkulu – Palembang pp.

Di tahun 1993, bisnis PO. SAN berkembang seiring dengan disetujuinya SK trayek untuk bus AKAP jurusan Bengkulu – Jakarta (Pulo Gadung) pp yang dilayani dengan 4 unit armada Mitsubishi RM 117 type terbaru dengan kelas pelayanan Eksekutif. Pada bulan Mei 1994, PO. SAN menambah armada nya dengan 2 unit Mitsubishi RM 117, 3 unit Nissan RB87, dan 3 unit Mitsubishi Colt Diesel 120PS untuk mengisi trayek Bengkulu – Jakarta pp via Liwa.

PO. SAN terus memperkuat pasar pelayanannya antara lain dengan penambahan trayek Bengkulu – Solo – Ponorogo pp dan Bengkulu – Bukit Tinggi di tahun 1995. Untuk memperluas eksistensi nya, di tahun 2002 PO. SAN membuka jalur Bengkulu – Pekan Baru pp. Pengembangan untuk wilayah Pekanbaru terus menunjukkan grafik yang menggembirakan sehingga Manajemen memutuskan untuk memindahkan sebagian besar basis armadanya ke Pekanbaru di tahun 2004, termasuk seluruh unit Volvo B7R yang melayani kelas eksekutif Dumai – Pekan Baru – Jogja – Solo pp. Trayek lain yang dilayani dari Pekanbaru adalah Pekanbaru – Bandung – Solo – Blitar dengan armada Hino RG.

Pengembangan usaha lainnya adalah dengan melayani kontrak angkutan karyawan dari perusahaan besar di propinsi Riau dan DKI Jakarta. Diantaranya adalah subkontraktor angkutan karyawan RAPP dari Maret 2003 sampai dengan September 2005.

Dari sebuah bisnis keluarga yang dikelola secara tradisional, PO. SAN berhasil menjadi bisnis transportasi yang profesional. Dengan motto “Transport with Care” (pelayanan transportasi dengan hati), yaitu memberikan pelayanan bus AKAP dengan kepedulian terhadap para penumpangnya. Dimulai dengan informasi, pemesanan tiket, pelayanan selama perjalanan hingga pelayanan keluhan para pelanggan. PO. SAN memberikan prioritas utama pada peningkatan sumber daya manusia. Manajemen percaya bahwa sumber daya manusia yang handal akan membawa perusahaan menjadi bisnis transportasi yang terdepan karena mutu pelayanan kepada pelanggan.

Pada tahun 2003 badan hukum PO. SAN secara resmi berubah menjadi PT. SAN PUTRA SEJAHTERA. Peningkatan badan hukum ini diharapkan menjadi kekuatan secara legal dan dapat memberikan kesempatan lebih bagi SAN untuk berkembang sehingga tidak menutup kemungkinan merambah ke bidang bisnis lainnya.

Aset SAN telah berkembang dibuktikan dari  inovasi bus dengan desain terbaru dan tangguh untuk melayani trayek sumatera yang penuh tantangan, selain itu sarana pool yang memadai dan bengkel perbaikan yang sesuai spesifikasi jenis Bus PO. SAN yang beroperasi saat ini. SAN terus berupaya memperbaiki kualitas pelayanan dan juga menambah fasilitas untuk para penumpang setia PO. SAN.

Pelatihan dan kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia kru hingga mekanik, pemantauan tes kesehatan berkala sesuai program kerjasama dengan Kementerian Kesehatan, sampai dengan pembangunan fasilitas fasilitas perbaikan armada bus dan pool yang memadai untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan PO. SAN tetap konsisten.

Hingga saat ini PO. SAN terus bertransformasi mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar. Dengan harapan dapat terus memberikan pelayanan terbaik di setiap rute pelayanan kami. Karena PO. SAN adalah “Transport With Care”.